Dalam filum Annelida terdapat subkelas Hirudinea yaitu hewan lintah dan Pacet, kedua jenis hewan tersebut juga tergolong hewan tak bertulang belakang atau biasa disebut dengan avertebrata. Antara lintah dan Pacet apabila kita lihat atau kita amati mungkin kita tidak dapat membedakannya, pasalnya kedua hewan tersebut hampir mempunyai ciri fisik/bentuk tubuh yang sama persis.

Mungkin bagi bagi orang awam jika menjumpai hewan ini pasti akan menamakannya dengan hewan lintah, meskipun yang dijumpainya tersebut belum tentu lintah namun pasti banyak yang menamakannya dengan lintah. Mungkin hal tersebut wajar wajar saja, karena nama lintah lebih terkenal jika dibandingkan dengan saudaranya yaitu Pacet.

Ya mungkin hampir semua orang akan kebingungan apabila dihadapkan dengan kedua hewan tersebut dalam satu tempat, namun sebenarnya ada beberapa ciri khusus dari masing masing hewan tersebut yang dapat kita kenali untuk membedakannya. Untuk itu artikel ini kami tulis supaya dapat membantu anda mengenali perbedaan antara lintah dan Pacet, dan langsung saja berikut ini beberapa perbedaan antara Pacet dan lintah yang paling mencolok.

Inilah perbedaan yang mencolok antara lintah dan pacet

1. Perbedaan antara lintah dan Pacet yang pertama adalah dari habitat kedua hewan tersebut. Lintah sendiri merupakan hewan yang hidupnya diair jernih/air yang belum tercemar oleh limbah industri ataupun limbah dari manusia. Dia dapat kita temui pada tempat tempat berair jernih seperti rawa, sungai ataupun danau. Berbeda dengan pacet, habitat Pacet lebih kedatangan. Hewan ini suka menempel nempel pada pepohonan, entah itu ditantang pohon, didaun ataupun di bagian pohon yang lain.

2. Membedakan antara Pacet dan lintah yang kedua bisa melalui bentuk tubuh kedua hewan tersebut. Lintah memiliki bentuk tubuh yang lebih oval atau ikal, sedangkan untuk pacet bentuk tubuh yang dapat kita ingat ingat untuk membedakannya adalah bentuk badannya dari ekor biasanya lebih besar, semakin kearah depan bentuk badannya pacet semakin mengecil jika dibandingkan dengan lintah.

3. Yang ketiga perbedaan yang paling mencolok dari kedua hewan ini adalah warna tubuhnya, warna tubuh lintah umumnya terlihat lebih gelap, umumnya berwarna hitam kecoklatan. Dan sedangkan untuk pacet umumnya memiliki warna tubuh yang lebih cerah dibanding lintah, biasanya berwarna kuning kecoklatan.

4. Dan perbedaan yang keempat ini juga terlihat mencolok, yaitu ukuran tubuhnya. Ukuran tubuh hewan lintah umumnya lebih besar jika dibandingkan dengan saudaranya Pacet.

5. Dan perbedaan yang kelima bisa kita lihat pada cara berjalannya, ini juga termasuk perbedaan yang jelas. Lintah berjalan secara merayap, sedangkan untuk pacet berjalan dengan ujung ekor dan kepalanya.

6. Pacet berhabitat di semak semak, dia mempunyai alat perekat yang digunakannya untuk menempel pada batang, daun, ataupun ranting pohon, sedangkan untuk lintah dia tidak memiliki alat perekat tersebut sehingga dia tidak dapat menempel pada semak semak.

7. Lintah dapat menghasilkan minyak lintah yang mempunyai manfaat karena kandungan yang dimilikinya, sedangkan pacet tidak dapat dibuat minyak pasalnya hewan ini tidak memiliki kandungan bermanfaat kayaknya lintah.

Itulah beberapa perbedaan antara Pacet dan lintah yang mudah kita kenali, perlu anda ketahui bahwa meskipun kedua hewan tersebut dari kelas yang sama yaitu Hirudinea namun antara lintah dan Pacet tidak bisa disamakan, ya karena semua itu disebabkan oleh kandungan yang dimilikinya berbeda.