Mesin cuci yang banyak dipilih saat ini adalah mesin cuci satu tabung. Hal ini karena mesin cuci jenis ini sangat efisien ketika digunakan, cukup masukan pakaian, baju akan selesai dicuci dan sudah dalam keadaan setengah kering saat mesin selesai.

Sayangnya, mesin jenis ini sering kali mengalami masalah, sehingga service mesin cuci pun diperlukan untuk mengatasi masalah yang terjadi pada mesin cuci. Mesin cuci kini menjadi salah satu kebutuhan rumah tangga yang sangat penting.

Hal ini karena mesin cuci sangat meringankan pekerjaan ibu rumah tangga dan orang yang tinggal sendiri dan tidak memiliki banyak waktu luang untuk mengurus masalah baju kotor.

Ada beberapa penyebab yang mungkin terjadi jika mesin cuci satu tabung Anda rusak. Bagi Anda yang ingin melakukan service mesin cuci, ada baiknya Anda mengetahui beberapa penyebab kerusakan pada mesin cuci satu tabung Anda. Adapun kerusakan yang bisa terjadi diantaranya adalah sebagai berikut.

  • PCB atau modul (circuit control)

Alat yang bisa mengalami kerusakan pada mesin cuci satu tabung Anda adalah bagian circuit control. Komponen ini merupakan komponen yang sangat penting yang membuat mesin cuci dapat melakukan kerjanya dengan baik.

Alat ini mengatur waktu motor harus bekerja, waktu aliran air harus menyala dan mati, waktu yang tepat untuk air keluar, dan berbagai macam perintah lainnya yang biasanya diatur melalui panel yang didesain dalam bentuk digital.

Bagian yang Sering Rusak dan Service Mesin Cuci Jenis Satu Tabung

Jika bagian ini mengalami kerusakan, maka saat kita melakukan pengaturan pada papan digital, mesin cuci tidak akan merespon walaupun Anda sudah menekan tombol start.

  • Water inlet

Alat yang sering menjadi masalah dalam service mesin cuci adalah bagian water inlet. Bagiannya memiliki katup jenis solenoid dan pegas. Fungsi alat ini adalah sebagai pengatur kapan air masuk ke dalam mesin dan berapa jumlah tepatnya.

Alat ini juga dilengkapi dengan saringan atau filter yang memiliki fungsi memastikan tidak ada kotoran yang terbawa air yang masuk ke dalam mesin cuci.

Kerusakan pada bagian ini biasanya disebabkan oleh filter yang tersumbat, tegangan yang tidak masuk ke control circuit, katup yang tidak dapat terbuka, atau katup yang terbuka terus sehingga air tidak dapat berhenti mengalir.

  • V belt

Permasalahan dalam service mesin cuci selanjutnya ada pada V belt. Bagian v belt merupakan penghubung antara motor spin dengan motor wash.

Kerusakan biasanya disebabkan karena belt menjadi kendur karena intensitas penggunaan.

Jika v belt ini aus, putaran pada mesin cuci akan semakin melemah. Tindakan perbaikan yang biasanya dilakukan untuk mengatasi masalah tersebut adalah dengan mengencangkan kembali v belt pada mesin cuci dengan cara mengubah posisi bagian motor wash sehingga karet kembali kencang.

Cara yang kedua adalah dengan mengganti belt dengan yang baru.

  • Sensor water level

Bagian ini memiliki fungsi sebagai pengatur seberapa banyak air yang harus masuk ke dalam mesin cuci. Alat ini tentunya terhubung dengan tabung mesin cuci. Kerusakan yang biasanya terjadi adalah terjadinya error pada air yang seharusnya masuk ke dalam tabung dan tidak sesuai dengan aturan.

Service mesin cuci bisa dilakukan jika mesin cuci Anda mengalami keanehan, tidak dapat berfungsi, atau hanya sebagai salah satu cara perawatan mesin cuci agar dapat terus bekerja dengan baik. Kini, ada banyak jasa reparasi yang menawarkan jasa datang ke rumah. Selain itu, ada juga yang dapat dipanggil melalui pesan layanan online.