DJ atau disk jockey menjadi hal menarik khususnya di kalangan anak muda. Apalagi sekarang banyak karya-karya musik atau lagu fenomenal yang diciptakan oleh seorang DJ, khususnya dalam genre EDM atau electronic Dance Music. Berbagai peralatan atau instrumen elektronik yang harus dikuasai DJ dalam pertunjukkannya, membuat seorang DJ dianggap sebagai profesi yang luar biasa dan tidak sembarang orang bisa melakukannya. Butuh berbagai teknik yang harus dikuasai. Jika Anda tertarik untuk belajar menjadi DJ, kenali dulu beberapa teknik DJ untuk pemula.

Kuasai Teknik DJ untuk Pemula Ini

Meskipun kelihatannya sulit, namun bukan berarti teknik DJ ini tidak bisa dipelajari. Teknik DJ untuk pemula ini perlu Anda pelajari agar mempermudah Anda dalam belajar DJ. Sebelum mengetahui tekniknya, terlebih dahulu perlu mengenali berbagai peralatan atau instrumen alat musik yang diperlukan DJ dan memahami setiap fungsinya. Setelah mengetahui semua bagiannya, mulailah berlatih terkait kepekaan telinga Anda agar memudahkan dalam menyamakan tempo atau ketukan. Setelah itu, Anda bisa berlatih beberapa teknik untuk DJ pemula, di antaranya:

  • Mixing

Teknik mixing atau yang juga dikenal sebagai teknik mencampurkan suatu lagu ke lagu berikutnya ini perlu diketahui seorang DJ. Teknik ini dapat menghidupkan suasana pertunjukan sehingga mampu membuat pertunjukan semakin menarik.

  • Cueing

Teknik ini digunakan untuk menentukan start play atau titik mulai sebuah lagu. Cueing ini bisa dilakukan pada awal lagu atau bahkan di tengah-tengah lagu.

  • Looping

Looping merupakan sebuah teknik berupa memutar lagu secara berulang-ulang namun tetap tergantung pada ketukannya. Biasanya teknik ini digunakan untuk menyamakan beat.

  • Beat Matching

Teknik DJ satu ini digunakan untuk menyamakan ketukan dari suatu lagu. Teknik ini digunakan untuk menyamakan lagu yang awalnya ketukannya tidak sama menjadi sama.

  • Cutting

Teknik selanjutnya adalah cutting, yaitu suatu teknik DJ untuk memotong sebuah lagu sebelum lagu tersebut habis dan dalam hal ini diperlukan waktu yang tepat agar bisa diteruskan ke lagu berikutnya dan tetap terdengar enak ketika dimainkan.