IPAL, Solusi Baru Problematika Limbah Di Indonesia – Pernahkah Anda melihat orang yang buang air besar sembarang? Atau melihat air bekas cucian sabun yang masih mengandung busa dari rumah-rumah warga dan langsung dibuang ke sungai ? Kebiasaan membuang limbah sisa rumah tangga serta buang air besar sembarangan masih sering kita temui di seluruh wilayah Indonesia, terutama wilayah pedesaan dan pinggiran kota besar. Tidak hanya di desa saja, namun sisa limbah rumah tangga juga kerap ditemukan di perumahan-perumahan di dalam kota.

Bahkan menurut penelitian, hanya 2% saja dari total air limbah yang dihasilkan tersebut di olah. Lantas ke manakah limbah-limbah lainnya? Masalah sanitasi nasional memang menjadi salah satu masalah yang cukup urgent. Hal ini terbukti dari data Departemen Kesehatan yang meneyebutkan bahwa pada tahun 2006 silam telah terjadi KLB (Kejadian Luar Biasa) di mana hampir sebanyak 462.000 penduduk segala usia di 16 provinsi di Indonesia mengalami diare massal.

IPAL, Solusi Baru Problematika Limbah Di Indonesia

Kebiasaan masyarakat dan industri-industri manufaktur yang masih melanggar ketentuan membuang limbah di badan sungai kian mengkhawatirkan. Misalnya limbah industri logam yan langsung dibuang ke sungai sempat menggegerkan masyarakat Indonesia beberapa tahun silam. Pasalnya air sungai yang sering dikonsumsi mulai mengandung merkuri dan banyak menyebabkan cacat pada bayi yang baru dilahirkan.

Solusi IPAL (Instalasi Pengolahan Air Limbah)

Untuk mengatasi problematika di atas, ada banyak cara yang bisa kita lakukan. Salah satunya ialah dengan mengelola limbah-limbah industri ataupun limbah rumah tangga dengan baik. Fakta mengatakan jika air limbah yang mayoritas mengandung kotoran manusia dan limbah industri jika tidak diolah dan langsung dibuang di badan air akan berpengaruh besar terhadap cadangan air bersih di bumi. Pemerintah telah melakukan banyak sekali cara agar masyarakt bisa sadar, misalnya saja dengan penyuluhan oleh tenaga kesehatan dan bantuan jamban umum.

Oleh karena itu, timbullah permasalahan baru yaitu bagaimana cara mengolah limbah agar bisa dibuang ke penampungan atau drainase umum? Setelah diteliti lebih lanjut, muncul konsep IPAL atau Instalasi Pengolahan Air Limbah. IPAL ini sendiri merupakan suatu konsep struktural yang mana merancang pengolahan air limbah agar bisa dibuang ke drainase umum. Ide ini muncul guna untuk mengatasi permasalahan sanitasi yang kian hari kian buruk. Diharapkan dengan adanya solusi baru ini, masalah limbah di Indonesia bisa diatasi.