Pakaian merupakan kebutuhan yang esensial dalam kehidupan manusia. Pakaian berfungsi untuk melindungi tubuh dari panas, dingin, kotoran dan berbagai ancaman yang lain. Pakaian juga menjadi indikator untuk menentukan status sosial seseorang. Selain itu, setiap aktivitas yang dilakukan manusia maka berbeda pula pakaian yang dikenakan. Seperti halnya, saat kita pergi ke sekolah maka kita akan memakai seragam. Saat kita akan menghadiri suatu pesta maka kita akan memakai gaun untuk perempuan dan setelah jas untuk laki-laki. Saat kita akan berolahraga pun kita akan memakai pakaian olahraga.

Olahraga yang merupakan aktivitas fisik pasti akan membuat tubuh kita mengeluarkan banyak keringat. Oleh karena itu, ada beberapa hal yang perlu dipertimbangkan untuk memilih suatu pakaian olahraga. Mulai dari desain pakaian olahraga yang tidak terlalu ketat sehingga nyaman digunakan ketika berolahraga dan tidak membatasi pergerakan tubuh kita. Desain pakaian olahraga yang tidak terlalu rumit seperti model jersey futsal yang berupa kaos. Serta pemilihan bahan yang berkualitas. Kualitas bahan akan memberikan kenyamanan bagi pemakai pakaian olahraga. Bahan yang umumnya digunakan untuk membuat pakaian olahraga haruslah yang menyerap keringat, elastis dan nyaman dipakai. Dan, berikut ada beberapa jenis bahan yang direkomendasikan untuk membuat pakaian olahraga.

Pertama, kain berjenis wafer merupakan kain yang paling umum digunakan untuk membuat pakaian olahraga. Kain wafer memiliki tekstur kotak-kotak seperti halnya wafer. Bahan ini memiliki kualitas yang baik untuk dijadikan sebagai pakaian olahraga. Kain wafer memiliki daya serap keringat yang tinggi sehingga membuat pemakainya tidak merasa cepat kepanasan. Kain wafer juga elastis dan cukup dingin ketika digunakan sehingga sangat cocok untuk bahan pakaian olahraga.

Kedua, bahan drift direkomendasikan untuk bahan pakaian olahraga. Bahan drift sudah umum digunakan untuk bahan pakaian olahraga, terutama pakaian olahraga yang diimpor dari luar negeri. Bahan drift memiliki tekstur yang lembut dan mengkilat. Saat dikenakan bahan drift tidak akan memberikan rasa panas karena memiliki daya serap keringat baik. Kelenturan yang dimiliki oleh bahan drift membuat bahan drift nyaman digunakan untuk pakaian olahraga, terutama pakaian olahraga untuk anak-anak.

Ketiga, bahan serena atau sering disebut juga dengan bahan climacool adalah salah satu jenis kain yang direkomendasikan untuk membuat pakaian olahraga. Kain serena memiliki tekstur yang rata, tidak seperti kain wafer dan lembut seperti kain drift. Selain itu, kain serena juga memiliki sifat yang elastis sehingga nyaman digunakan dan tidak membatasi pergerakan tubuh selama berolahraga. Pakaian olahraga dari kain serena juga cocok digunakan oleh para olahragawan yang ingin memamerkan otot-otot tubuh mereka karena bahannya yang begitu pas di badan. Kain serena memiliki jenis lain yaitu kain serena salur yang memiliki tekstur dengan garis-garis yang lembut.