Orang tua pastinya bahagia, melihat tumbuh kembang buah hati yang kian pesat dari hari ke hari. Ibu tentunya juga sangat memperhatikan sapa saja yang menjadi kebutuhan dan memastikan buah hati tetap sehat dan nyaman sepanjang hari. Namun, ada satu masalah yang sering membuat ibu khwatir, yaitu ruam popok serta iritasi pada kulit bayi dibagian tertentu. Kulit buah hati yang masih sangat sensitif memang rentan mengalami iritasi dan hal ini akan membuat si kecil merasa kesakitan bahkan tidak nyaman.

Mengatasi Ruam Popok Pada Bayi

Namun bunda ttidak perlu kuatir, ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi masalah ruam popok yang dialami si kecil. Berikut ulasanya:

Pastikan Kulit Si Kecil Kering dan Bersih
Salah satu cara mudah dalam menyembuhkan ruam popok pada bayi adalah dengan memastikan kulit bayi kering serta bersih sepanjang hari. Jikamemungkinkan, bebaskan pantat si buah hati tercinta dari popok kemudian baringkan buah hati di atas handuk yang empuk sehinnga ia merasa nyaman. Saat bunda mengganti popok, jangan memakaikan terlalu kencang agar kulit si Kecil tetap bisa bernapas. Ketika buah hati sedang dimandikan, gunakanlah sabun khusus bayi yang cocok untuk buah hati. Setelah selesai mandi Keringkan kulit buah hati dengan cara menepuk-nepuknya secara lembut menggunakan handuk kering.

Lebih Sering Mengganti Popok
Sebagai salah satu cara paling efektif untuk mengatasi ruam popok pada buah hati, pastikan bunda mengganti popoknya lebih sering agar ruam yang dialami buah hati tidak semakin parah. Begitu popok terlihat basah, segera ganti popok dengan yang baru serta jangan biarkan air pipis bayi mengenai kulit bayi dalam kurun waktu cukup lama. Jika si kecil menggunakan popok dari bahan kain, bilas popok tersebut sebanyak 4 sampai 5 kali agar benar-benar terbebas dari sabun yang mnejadi penyebab iritasi pada si kecil.

Gunakan Krim Anti Ruam Untuk Bayi
Sekarang sudah banyak sekali produk yang mampu mengobati iritasi pada kulit buah hati yang sensitif. Oleskan krim anti ruam tersebut tiap kali buah hati ganti popok atau setelah mandi pagi dan sore. Dengan kandungan pelembap yang terdapat di produk krim anti ruam, produk tersebut mampu menjaga kulit bayi dari masalah kekeringan serta iritasi. Sebaiknya pilih produk krim anti ruam yang wangi sehingga disukai oleh bayi.

Dengan cara yang sudah saya jelaskan diatas, sekarang bunda sudah bisa mengatasi bayi yang kulitnya iritasi karena ruam popok. Namun terkadang bunda harus membawanya ke dokter spesialis anak jika ada ciri-ciri seperti berikut.

  • Terdapat bercak yang beda dari ruam bayi biasanya
  • Ruam popok yang dialami bayi kian parah
  • Kulit buah hati mengelupas dan luka
  • Iritasi yang diseretai dengan demam